SUPERVISI PENDIDIKAN : PEMBINAAN DAN PENINGKATAN MUTU GURU

SMKN 2 Barru berkarya. Supervisi administrasi pembelajaran guru merupakan komponen penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di berbagai lembaga pendidikan. Proses ini melibatkan pengawasan dan evaluasi terhadap aspek-aspek administratif yang berkaitan dengan kegiatan pengajaran dan pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru.

Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa guru dapat menjalankan tugas administratifnya dengan baik, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan efisien dan efektif. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, beberapa langkah kunci dapat diikuti.

Pertama, langkah awal dalam supervisi administrasi pembelajaran guru adalah pengumpulan data yang komprehensif. Data ini mencakup aspek-aspek seperti perencanaan pelajaran, penggunaan materi ajar, penilaian hasil belajar, serta dokumentasi administratif lainnya. Kedua, supervisor dapat melakukan observasi langsung di kelas untuk memantau aktivitas guru. Hal ini mencakup pengamatan terhadap gaya pengajaran guru, penggunaan teknologi atau alat bantu pembelajaran, serta interaksi guru dengan siswa.

Selanjutnya, evaluasi materi ajar yang digunakan oleh guru menjadi hal penting. Pastikan bahwa materi tersebut sesuai dengan kurikulum, relevan, dan dapat dipahami oleh siswa. Penilaian metode penilaian yang digunakan guru juga menjadi fokus.

Supervisor perlu memastikan bahwa metode penilaian yang digunakan adalah objektif, adil, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Terakhir, supervisor melakukan wawancara dengan guru untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang pendekatan administratif yang mereka gunakan dalam pembelajaran dan mendengar masukan dari guru mengenai hambatan yang mereka hadapi. Dengan demikian, supervisi administrasi pembelajaran guru menjadi alat penting dalam memastikan mutu pendidikan yang berkelanjutan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *