PROFIL

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang masih melimpahkan berbagai rahmat dan nikmat-Nya, terutama nikmat umur,kesehatan serta nikmat kesempatan sehingga kita dapat menjalankan aktifitas kita sehari-hari, khususnya bagi warga SMKN 2 Barru yang masih dapat beraktifitas memajukan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan Nasional.

Pembangunan yang sedang berlangsung di era Globalisasi ini menimbulkan banyak perubahan di segala bidang. Kebutuhan dan tantangan dunia kerja yang semakin kompleks menuntut tenaga kerja sebagai sumber daya manusia harus mampu berkompetisi dengan bekal kompetensi yang profesional. Pendidikan diharap mampu melahirkan generasi bangsa  yang berkarakter kuat, terampil, kreatif, inovatif, imajinatif, peka terhadap kearifan lokal dan technoprenership.

Salah satu institusi sekolah di kabupaten Barru yang mempersiapkan peserta didiknya untuk mampu terjun langsung di dunia kerja setelah lulus adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Barru. Upaya peningkatan kualitas lulusan SMK telah dilakukan sejak berdirinya SMKN 2 Barru Tahun 2008

Sekolah yang berbasis Teknologi membina 7 Kompetensi Keahlian yaitu :

1. Teknik Kendaraan Ringan otomotif
2. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor
3. Teknik Komputer dan Jaringan
4. Teknik Multimedia
5. Teknik Nautika Kapal PenangkapIkan (NKPI)
6. Teknik Audio Video
7. Teknik Pengelasan

Berlokasi di Jalan pendidikan Desa Pancana Kecamatan Tanete Rilau kabuaten Barru. Visi yang diemban adalah Unggul berprestasi, kompetitif, berkarakter dan berbudaya lingkungan serta berwawasan global. . SMK Negeri 2 Barru  dipersiapkan untuk mencetak tenaga terampil yang siap bekerja dengan berbagai kompetensi dan mampu mengikuti perkembangan IPTEK.

Hal tersebut sesuai dengan penjelasan Pasal 15 Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003 yang menyebutkan bahwa:

โ€œ SMK merupakan pendidikan menengah SMK merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Pendidikan kejuruan mempunyai tujuan umum untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan peserta didik kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mengembangkan potensi peserta didikagar memiliki akhlak mulia, pengetahuan dan wawasan kebangsaan yang luhur; serta mempunyai tujuan khusus yaitu menyiapkan peserta didik dengan pengetahuan, kompetensi, teknologi dan seni agar menjadi manusia produktif, maupun bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi