PERANCANGAN MODUL PROYEK PENGUATAN PELAJAR PANCASILA

SMKN 2 Barru berkarya. Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

PROFIL PELAJAR PANCASILA
โ€œPelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten,
berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.โ€

Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan
materi pelajaran intrakurikuler.

Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila ini memuat penyiapan ekosistem sekolah, desain projek penguatan profil pelajar Pancasila, pengelolaan projek penguatan profil pelajar Pancasila, pengolahan asesmen dan melaporkan hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila, serta evaluasi dan tindak lanjut projek penguatan profil pelajar Pancasila.

SMKN 2 Barru sebagai satuan pendidikan telah melaksanakan kegiatan kolaborasi aktif dalam menyusun modul projek penguatan profil pelajar pancasila. Ada 3 tema yang di ambil dari hasil kolaborasi ini yaitu :
1. Kebekerjaan
2. Gaya hidup berkelanjutan
3. Kearifan lokal

Bagaimana hasil dari penerapan modul proyek ini…tetap tunggu informasi update berita SMKN 2 Barru.

referensi : https://kurikulum.kemdikbud.go.id/

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *